Ghea Panggabean mencoba merefleksikan kekuatan perempuan-perempuan Sumba lewat koleksi Mamuli Sumba, yang akan ditampilkannya di event bergengsi New York Fashion Week 2023/Net
Ghea Panggabean mencoba merefleksikan kekuatan perempuan-perempuan Sumba lewat koleksi Mamuli Sumba, yang akan ditampilkannya di event bergengsi New York Fashion Week 2023/Net
KOMENTAR

AJANG New York Fashion Week Spring Summer 2023/2024 akan segera dihelat di Spring Studio New York, Amerika Serikat pada 13 September 2023. Indonesia kembali diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karya-karya anak bangsa di ajang bergengsi tersebut.

Salah satu yang akan mempresentasikan koleksi-koleksi indahnya adalah Ghea Panggabean. Ini adalah untuk kesekian kalinya bagi Ghea mewakili Indonesia di panggung internasional seperti ini. Dan, Ghea akan menampilkan kekuatan para perempuan Sumba dalam tema Mamuli Sumba.

Ghea, merupakan desainer Indonesia yang sangat terkenal dengan komitmennya selama empat dekade dalam menerjemahkan budaya dan warisan Indonesia menjadi fesyen kontemporer.

Pada kesempatan ini, mengambil inspirasi dari kain-kain di pulau Sumba, Mamuli Sumba merefleksikan esensi dari permata yang tersembunyi, perempuan-perempuan luar biasa Sumba, yang membawa semangat ketahanan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Ghea saat berlenggak-lenggok di ajang Islamic Fashion Festival di Paris, Prancis/Net

Koleksi ini dengan apik menyatukan warna-warna cerah, pola-pola yang unik, yang melekat pada kain tenun Sumba. Karya yang ditampilkan mulai dari jaket dengan aplikasi Tenun Sumba Pahikung dan Hinggi, selendang ikat Sumba, tas tenun, hingga busana dengan teknik print di atas bahan-bahan ringan yang dapat di mix and match tenun asli dan border yang rumit dan aksesoris Sumba seperti Mamuli.

Intinya, Ghea ingin melestarikan budaya Indonesia dengan mengusung #melestarikanbudayabersamaghea.

“Mamuli Sumba menjadi representasi simbolis dari wanita-wanita Sumba sebagai pemberi kehidupan dan kekuatan. Mamuli melambangkan pertukaran hadiah seremonial sebagai obyek warisan yang berharga. Saya mencoba menyajikan penghormatan kepada wanita-wanita Sumba,” demikian Ghea, ditemui di konferensi pers New York Fashion Week Spring Summer 2023/2024 di SEMAJA Reataurant, Jakarta, Senin (28/8).




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Boho Snob, Gaya Bohemia Perpaduan Wastra Nan Cantik Karya Paradise Batik Mudrika

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga